Kamis, 11 Juli 2013

11th post [Tips&Trik khatam Al-Qur'an 30 hari]

heya!

masih suasana Ramadhan.karna gue BT gaada kerjaan, jadi gue mau ngeblog aja. entah tiba tiba tadi dapet inspirasi mau ngeblog ini. mungkin hal yg bakal gue post kali ini bagi sebagian banyak orang bakal jadi info yg basi. tapi, entah kenapa info yg basi ini baru gue dapet di awal Ramadhan. bukan dari orang lain, tapi dari diri gue sendiri. dan yg mau gue kasih tau adalah tips dan trik untuk bisa khatam 30 Juz Al-Qur'an selama bulan Ramadhan.


kan udah pada tau dong kalo semua amal ibadah di bulan Ramadhan itu pasti dilipat gandakan sama Allah pahalanya, dan salah satu ibadah yg banyak dilakuin di bulan Ramadhan ini adalah tadarus Al-Qur'an 30 juz. mungkin masih banyak yg ga tau kalo mau khatam 30 juz dalam waktu 1 bulan itu gampang. dan kita ga harus maksain diri kita dalam satu kali ngaji harus berlembar lembar sampe kitanya cape sendiri. emang sih, ngaji sebanyak banyaknya itu bagus, bagus banget malahan. tapi menurut gue sih ada baiknya kalo semuanya tetep di-manage biar ga keteteran dan kita bisa ngatur waktu buat ngelakuin hal yg lainnya, gitu. nah langsung aja kita mulai tips dan trik dari kiki..

pertama, yang harus kita tau biasanya dalam Al-Qur'an itu setiap 1 Juz ada 8 lembar. berarti 30 Juz ada 240 lembar.

kedua, kita setiap harinya solat wajib ada 5 waktu. nah kalo mau khatam sebisa mungkin diusahakan setiap sesudah solat 5 waktu kita ngaji. atau malah kalo bisa sebelum dan sesudah solat ngajinya, biar lebih banyak juga yg dibaca.

ketiga, nah sekarang gue punya 4 cara yg bisa banget kalian ikutin. dan cara-cara itu adalah:
- kalo kalian baca Al-Qur'annya pas sesudah solat aja, ada 2 alternatif
1. setiap abis solat baca 2 lembar Al-Qur'an rutin. abis solat subuh-isya selalu 2 lembar. perhitungannya, kalo 1 juz aja ada 8 lembar, 4 kali solat aja (ambil lah subuh-maghrib) kalian selesai 1 juz. nah isya nya? kalo yg teraweh di Masjid, kalian tetep bisa kan baca Al-Qur'an langsung ke juz selanjutnya setelah doa solat isya berjamaah. tapi kalo di Masjid kan biasanya ada ceramah dan kondisinya kalo lagi ga solat suka riweuh kan yg ngobrol lah, becanda lah, keluar-masuk Masjid jadi takut kaliannya juga ga khusyuk ya mendingan ga usah baca Al-Qur'an. tapi walaupun kalian ga baca pas setelah solat isya ya ga masalah. yg penting kan dalam satu hari kalian udah namatin 1 juz.

tapi, untuk yg solat terawehnya di rumah, setelah solat isya (sebelum solat teraweh sama witir) kalian bisa lanjutin baca 2 lembar lagi di Juz selanjutnya. setelah baca Qur'an baru deh lanjut solat teraweh nya :)

2. setiap abis solat baca 4 lembar Al-Qur'an dan sama rutin. nah kalo yg ini, perhitungannya dalam sehari kalian bisa tamat 2 Juz dan bisa khatam Al-Qur'an InsyaAllah dalam waktu 15 hari atau mungkin bisa kurang dari itu :D. perhitungannya gampang, kalo kalian baca setiap abis solat 4 lembar, berarti dalam dua kali solat wajib (subuh-dzuhur misalnya) kalian selesai 1 Juz, karna 1 Juz Al-Qur'an itu kan 8 lembar. dan dalam 4 kali solat wajib sehari kalian bisa selesai 2 Juz. woaaah!

- kalo kalian mau baca Al-Qur'an nya sebelum dan sesudah solat wajib sama ada 2 alternastif juga

(nomornya lanjut ya)
3. cara ketiga ini sebenernya cara turunan dari nomor 2. karna cara yg ketiga ini, kalian bisa baca Al-Qur'an nya sebelum solat 2 lembar, sesudah solat 2 lembar. jadi dalam 1 kali solat kalian dapet 4 lembar. keuntungan cara ketiga ini ya kalian ga terlalu cape aja mungkin karna bacanya kan 2 lembar 2 lembar. kalo cara ke2 kan langsung 4 lembar. tapi ya itu terserah kalian sih. perhitungannya, obviously sama aja kaya nomor 2 :)

4. cara keempat ini mungkin agak bikin ngos-ngosan tapi InsyaAllah kalo dilaksanain nya ikhlas ga bakal kerasa ko hehe. cara keempat ini, kalian bisa baca Al-Qur'an sebelum solat 4 lembar setelah solat 4 lembar. nah keuntungan cara ini adalah tiap 1 kali solat kita bisa dapet 1 Juz dan berarti kalo kita full dalam sehari kita bisa tamat 5 Juz! dan dan dan dalam 6 hari kita kita khatam! wawawawawawawawa!! yg pengen cepet khatamnya cara ini pantes dicoba nih. :D




nah ok, sekian tips dan trik dari gue ttg khatam 30 Juz Al-Qur'an dalam 1 bulan. sebenernya cara ini kepake di semua bulan sih ga cuma di bulan Ramadhan aja. oh ya, mungkin ini cara yg basi buat kebanyakan orang. maksudnya basi, udah banyak yg tau cara ini. tapi 'banyak' yg tau bukan berarti semua orang tau kan? nah berarti gaada salahnya dong gue ngepost ini. itung-itung ngasih info buat yg pengen banget khatam Al-Qur'an tapi karna dia ga tau triknya jadi setiap baca Al-Qur'an hayu aja dihantem sampe maksain diri sendiri. seengganya dengan 4 cara di atas, kalian bisa pilih sesuai sama kemampuan kalian masing-masing dan InsyaAllah bisa khatam dalam waktu 30 hari atau malah kurang. dan yg perlu diinget adalah, keempat cara di atas bakal berhasil kalo DILAKUIN RUTIN SETIAP ABIS SOLAT WAJIB!  atau minimal yaa dalam 4 kali solat wajib. bolong 1 solat wajib ya gpp lah, yg penting 4 solat wajib lainnya kalian baca. karna kalo ga rutin ya sama aja boong.

dan satu lagi! cara di atas perhitungannya baru solat wajib loh. sedangkan masih ada solat sunnah. untuk remaja kaya gue misalnya solat sunnah yg bisa kita lakuin selain teraweh dan witir kan ada solat tahajud sama dhuha. nah bisa banget tuh, setelah solat sunnah tahajud dan dhuha kita tetep ngaji. tapi perhitangannya gue gatau, males ngitungnya hahahaha. lagian kan solat sunnah pasti ada bolongnya kan, ga kaya solat wajib yg emang tiap hari wajib dilaksanain. jadi kalo gue ngitung sama solat sunnahnya juga bisa berubah-rubah. tapi yg pasti kalo kalian baca Al-Qur'an nya ditambah lagi frekuensi nya, bukan cuma pas sebelum atau sesudah solat wajib, pasti bakal lebih cepet lagi khatamnya InsyaAllah :)

oke, sekian dulu postingannya, semoga bermanfaat ya! oh ya, gue ga ngasih credit ke artikel ini karna ini pure perhitungan gue sendiri. mungkin banyak orang yg punya perhitungan kaya gini juga. tapi, gue dapet perhitungan baca Qur'an ini bukan setelah baca atau denger artikel orang, tapi bener bener dari diri gue sendiri. 

oke deh semoga kita semua di bulan Ramadhan ini bisa nyeimbangin tugas untuk dunia sama akhirat bias ga berat sebelah, dan semoga semua ibadah kita di bulan Ramadhan mendapat berkah dari Allah SWT. aamiin.

0 komentar:

Posting Komentar